Thursday, April 7, 2016

5 Cara Mempertahankan Pelanggan agar Tetap Setia

Pembeli adalah Raja! Itulah tagline sebuah toko dari zaman dulu. Tagline tersebut juga masih berlaku hingga sekarang, bahkan ketika toko sudah merambah ke dunia online, tagline tersebut tetap berlaku. Menjadikan pelanggan sebagai raja adalah bagian terpenting untuk mempertahankan pelanggan tetap setia. Sebagai seorang penjual, kita harus memberikan pelayanan-pelayanan dan servis yang memuaskan. Sebenarnya untuk melakukan hal tersebut sangatlah simpe, tidak harus muluk-muluk, berikan saja apa yang sepantasnya mereka inginkan.

5 Cara Mempertahankan Pelanggan agar Tetap Setia

Bayangkan jika Anda sebagai pembeli, apa yang Anda inginkan dari seorang penjual? Mengapa hal ini saya tekankan? karena kebanyakan penjual biasanya tidak pernah memikirkan “Bagaimana ketika dia menjadi pembeli”. Memaksimalkan layanan untuk kepuasan pelanggan penting untuk kelanjutan jualan online Anda di masa mendatang. Pelanggan yang merasa puas dengan pelayanan Anda, besar kemungkinan untuk melakukan transaksi ulang, atau menceritakan kepuasannya kepada saudara, teman, dan orang-orang disekitarnya. Sehingga anda mendapatkan pelanggan-pelanggan baru tanpa harus menghabiskan dana promosi. Berikut 5 cara mempertahankan pelanggan anda agar tetap setia.

1. Stok Barang
Hal yang utama adalah stok barang, jika stok barang saja Anda tidak punya, apa yang ingin Anda berikan kepada pelanggan Anda? zaman sekarang ini, muncul istilah pre-order (barang tidak ready stok). Sebenarnya menggunakan cara seperti ini masih wajar untuk penjual pemula, namun bagi Anda yang sudah punya modal, sebaiknya Anda hindari cara seperti ini, karena sangat merugikan bisnis Anda. Jualan dengan Pre-order akan mencederai kepuasan pelanggan. kemungkinan besar pelanggan kabur, dengan alasan mencari yang ready.

2. Tambah Variasi
Menambah variasi produk tentunya akan membuat pelanggan Anda merasa “dimanja”. Misalnya menambah variasi warna, atau upgrade-an dari produk sebelumnya. Dengan banyak variasi, pelanggan memiliki alasan untuk melakukan transaksi dengan Anda, “tanpa harus pergi kelain hati”.

3. Jaga Kualitas Barang
Menjaga kualitas barang sangat penting. Jangan menurunkan kualitas barang, hanya karena ingin menambah keuntungan. Pedulilah terhadap kepuasan konsumen. Jika Anda tidak bisa meningkatkan kualitas barang dengan menekan keuntungan, setidaknya Anda jangan menurunkannya. Ingat bahwa pelanggan Adalah aset Anda.

4. Kejutkan dengan bonus
Siapa yang tidak suka diberikan bonus gratis? Hal inilah yang sering saya lakukan kepada pelanggan. Jangan langsung berpikir rugi. Berikan bonus kepada pelanggan yang rutin berbelanja kepada Anda. Itung-itung berbagi keuntungan.

5. Berikan diskon
Sama halnya seperti bonus, berikan diskon kepada pelanggan setia, hal ini tentunya menjadi ramuan untuk menambah kesetiaan pelanggan, atau bisa juga memberikan penawaran diskon kepada calon pelanggan baru.

Itulah 5 cara mempertahankan pelanggan anda agar tetap setia. sebagai tambahan korek ide-ide anda. Lihat cara toko online yang sudah besar melakukannya, misalnya saja mem-packing kiriman dengan baik, memberikan sticker, dan lain sebagainya. Itulah tips dari Sipo Bisnis, semoga bermanfaat bagi kelangsungan usaha anda.

0 komentar:

Post a Comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *


Top