Tuesday, March 22, 2016

3 Cara Mudah Memilih Produk yang Laris dipasaran

Sebagai penjual pemula di dunia jual beli online tentunya kita sering bingung ketika memilih produk yang ingin kita jual. Hal ini juga sering saya alami ketika masih jualan online. Tapi jangan menganggap hal ini sebagai tantangan besar, karena tidak hanya pemula bahkan sebagian orang yang telah lama berkecimpung di bisnis ini, bisa saja mengalami hal serupa. Tanya kenapa? Karena sebuah produk yang diminati masyarakat tidak pernah tetap. Adakalanya sebuah produk booming, adakalanya sebuah produk tidak dilirik pelanggan. Intinya anda harus cerdas dalam memilih produk yang ingin dijual.

3 Cara Mudah Memilih Produk yang Laris dipasaran

Memilih sebuah produk jualan online harus melalui sedikit riset kecil-kecilan. Hal ini bertujuan agar produk yang kita pasarkan memiliki daya jual, sehingga modal yang kita keluarkan lebih cepat berputar. Disini kita dituntut untuk lebih profesional sebagai penjual online. Jangan memilih produk hanya karena anda berambisi menjadi “penjual satu-satunya”, anda berpikir pembeli akan datang kepada anda. Sebenarnya pemikiran seperti ini “salah” karena semakin banyak penjual memasarkan produk yang sama, maka akan semakin banyak pula konsumen yang penasaran dengan produk tersebut.

Coba anda bayangkan jika anda memasarkan sebuah produk yang tidak ada pada penjual lain. Tentunya anda akan kewalahan memasarkan produk tersebut. Kecuali anda memiliki modar besar untuk dana promosi. Hal tersebut juga tidak menjadi jaminan, karena belum tentu produk yang anda jual akan booming. Andaipun booming, Penjual (seller) lain akan mencari produk tersebut dan akan berusaha bersaing dengan anda. Padahal di awal anda sudah mengeluarkan modal besar untuk promosi. Berikut saya bagikan 3 cara yang sering saya lakukan untuk memilih produk yang akan saya jual secara online, diantaranya.

1. Menanyakan langsung kepada pelanggan
Jika Anda punya daftar pelanggan, Anda bisa menanyakan langsung kepada pelanggan Anda, produk apa yang sedang mereka cari atau yang sedang digandrungi saat ini. Jika Anda masih merintis jualan online, hal ini bisa Anda tanyakan kepada teman, saudara, bisa lewat BBM, sosial media, bahkan SMS, atau telepon. Dengan melakukan hal di atas kita akan mendapat sedikit gambaran tentang produk yang sedang diminati. Dengan melakukan hal tersebut tentunya anda akan memiliki gambaran tentang apa produk yang akan anda jual.

2. Menanyakan kepada Supplier
Sebagai penjual online, kita tentunya memiliki Supplier atau distributor tempat kita berbelanja. Biasanya distributor tidak hanya menjual 1 produk, namun menjual berbagai macam produk. Nah, sebagai distributor yang baik, tentunya mereka akan senang menjawab pertanyaan Anda, perihal produk yang sedang ramai diminati. Jika hal tersebut masih membuat anda merasa was-was untuk menyetok barang. Coba anda stok 1 sampai 2, kemudian tawarkan kepada pelanggan anda. Jika diminati, tentunya anda tidak usah khawatir untuk menyetok banyak bukan?

3. Searching di Internet
Kita juga bisa mengetahui produk yang sedang booming melalui internet. Biasanya sebuah produk yang sedang banyak dicari pada suatu waktu tertentu akan menjadi top atau masuk pada entri best seller pada beberapa situs atau blog yang mengulas berbagai macam produk. Jika kita bergabung pada sebuah e commerce, kita akan sering mendapatkan update produk-produk yang sedang best seller. Selain itu kita bisa mencari produk yang sedang booming melalui mesin telusur, biasanya ada banyak blog yang membahas produk yang sedang booming.

Dengan menerapkan 3 cara memilih produk di atas, tentunya akan meminimalisir terjadinya “kesalahan memilih produk” yang mengakibatkan kerugian, baik waktu yang terbuang percuma, maupun dana yang anda habiskan untuk menyediakan barang dan biaya promosi. Dengan ketiga cara di atas anda akan meminimalisir kerugian dan meningkatkan penjualan.

0 komentar:

Post a Comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *


Top