Tuesday, March 29, 2016

2 Cara Laris Jualan Online Lewat Sosial Media

Menjadikan sosial media (sosmed) yang kita miliki sebagai media promosi jualan online sangatlah dianjurkan. Mengingat sosial media, seperti Facebook, Twitter, Google Plus dan Instagram adalah tempat jutaan orang berkumpul setiap harinya. Melalui sosial media kita bisa membangun komunikasi dengan pelanggan tanpa ada batasan umur, latarbelakang, kelas sosial dan sebagainya. Sosial media memiliki peran penting untuk membantu mendatangkan pelanggan, apabila dilakukan dengan bijak.

2 Cara Laris Jualan Online Lewat Sosial Media

Dulu ketika saya memulai jualan online, saya membuat fanspage untuk produk yang saya jual. Pada fanspage tersebut saya menuliskan kegunaan produk, gambar produk, dan membuat beberapa tulisan mengenai pertanyaan yang sering diajukan calon pembeli kepada saya. Dengan fanspage tersebut, saya sangat terbantu. Saya tidak perlu lagi menjelaskan kepada mereka tentang produk tersebut secara detail.

Tidak hanya itu saja, saya juga mempublikasikan nomor resi pengiriman serta testimoni-testimoni pelanggan. Hal ini bertujuan untuk menambah kepercayaan calon pembeli. Ketika kepercayaan calon pembeli jatuh kepada anda, kemungkinan besar mereka akan meng-order dari anda. Berikut ini dua cara sukses jualan online lewat sosial media.

1. Menentukan Nama Sosial Media
Menentukan nama akun sosial media yang tepat untuk jualan online sangatlah penting. Buatlah nama sosial media anda yang dekat dengan nama produk anda. Awal memulai jualan online saya membuat nama akun sosial media yang kemungkinan besar akan diketik calon pelanggan di mesin pencari.

Sosial media yang saya bangun selama jualan online benar-benar membantu saya untuk menjaring konsumen dari seluruh Indonesia. Sedikit optimasi di mesin pencari, sosial media ini selalu berada di page pertama di mesin pencari, seperti Google, Bing dan Yahoo untuk pencarian beberapa kata kunci. Dari pengamatan saya selama jualan online, sosmed yang saya bangun mendatangkan 50 % dari total pelanggan setiap bulannya.

2. Promosi Sosial Media
Mempopulerkan sosial media sebenarnya jauh lebih mudah dibandingkan website toko online. Kenapa? Karena sosmed-sosmed seperti Facebook, Twitter, Google Plus dan Instagram sangat populer, sehingga lebih mudah menempati halaman teratas mesin-mesin pencari. Anda bisa mempromosikan kepada teman-teman anda di Facebook, Twitter, Google Plus dan Instagram.

Berikutnya dengan mengirim pesan kepada teman-teman di BBM, Wechat atau Whatsapp dengan menuliskan link sosial media tersebut pada setiap pengiriman pesan. Dan masih banyak lagi yang mungkin bisa anda lakukan dengan sedikit kreativitas anda. Ketika sosial media anda berada di halaman pertama mesin pencari, sosial media tersebut akan selalu ramai, karena mesin pencari akan membantu anda untuk mendatangkan pengunjung ke sosmed tersebut.

Kesalahan penjual online dengan memanfaatkan sosial media adalah ketidaksabaran atau “promosi berlebihan”. Hal seperti ini menurut saya kurang profesional, misalnya men tag puluhan orang pada sebuah foto produk, promosi pada beranda orang lain, promosi di fanspage orang lain. Hal seperti ini tentunya sangat mengganggu orang lain, sehingga kemungkinan besar promosi yang anda lakukan diacuhkan begitu saja, atau bisa jadi membawa malapetaka, misalnya anda dilaporkan sebagai spam, atau menghapus anda dari pertemanan. Demikianlah 2 cara ampuh promosi jualan online lewat sosial media yang bisa langsung anda praktekkan. Semoga cara ini bisa membantu anda menggaet pembeli.

0 komentar:

Post a Comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *


Top